SOSIALIASI MANAJEMEN BADAN USAHA MILIK DESA

Kasreman.ngawikab.go.id – Sosialisasi Manajemen Badan Usaha Milik Desa Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi diselenggarakan pada hari Selasa Tanggal 30 November 2022, Kegiatan ini dilaksana di Gedung Pertemuan BUMDESMA Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Sosialisasi ini di hadiri dari unsur Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Ketua BUMDes. Tujuan dari sosialisasi ini diharapkan bisa menumbuhkan perekonomian di Desa dan Sinkronisasi Pembangunan Daerah.

Camat Kasreman Muhammad Arif Arifin, SH, MM panggilan akrabnya Ayik dalam sambutannya menyampaikan lewat sosialisasi ini merupakan bentuk dari dukungan pemerintah dalam upaya pemberdayaan terhadap masyarakat. Sebab berbagai potensi yang ada di Desa perlu adaya pengelolaan lebih permanen dimasing masing usahanya. Diharapkan materi materi yang disampaikan lewat sosialisasi ini dapat bermanfaat untuk Desa dalam pengelolaan BUMDes.

Kegiatan ini di fasilitatori oleh Joko Soeharyanto selaku Kasi PMD Kecamatan Kasreman dan Tenaga Pendamping Profesional (TPP) Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi. Materi sosialisasi ini disampaikan oleh Tenaga Ahli Kabupaten Hidayatul Iman. Dalam penyampaiannya, dalam membuat usaha harus bisa membuat perencanaan usaha atau analisa usaha, jika tidak bisa merencanakan usaha maka akan mengalami kegagalan dalam usaha. Perencanaan usaha harus dapat menjawab pertanyaan : Where am i now? Where am i going? How Will i get there? Tujuannya sebagai rencana aksi (Action Plan), Sebagai peta jalan (road map ) dan sebagai alat penjualan (sales tool).