SOSIALISASI PENGELOLAAN SAMPAH MELALUI BANK SAMPAH

Program Bank Sampah merupakan inisiatif pemerintah untuk mengurangi sampah dan meningkatkan keterlibatan masyarakat untuk mengurangi sampah. Program tersebut telah berhasil mendorong partisipasi warga dalam pemeliharaan kebersihan lingkungan melalui kegiatan pemilahan sampah. Inisiatif ini telah menginspirasi semakin banyak daerah untuk melakukan inisiatif bank sampah. Semakin banyaknya lokasi pendirian bank sampah di Kecamatan Kasreman, maka partisipasi masyarakat di wilayah Kecamatan Kasreman mengenai program tersebut harus didorong agar mencapai output yang lebih maksimal. Jika dibandingkan dengan seluruh penduduk kota, bank sampah pada daerah masih merupakan bagian yang relatif kecil dibandingkan dengan bank sampah pada Kabupaten. Oleh karena itu, bank sampah dianggap dapat membantu dalam menyelesaikan masalah sampah.
Sampah anorganik terbukti dapat dikurangi dengan adanya kegiatan pengelolaan sampah melalui bank sampah, namun tidak demikian dengan sampah organik. Oleh karena itu, perlu dibuat suatu rencana untuk mendorong perbaikan pengelolaan sampah di lingkungan Desa se Kecamatan Kasreman.

Kecamatan Kasreman mengadakan Sosialisasi Pengelolaan Sampah Melalui Bank Sampah, pada hari Rabu tanggal 23 Nopember 2022 di Aula DAPM Kecamatan Kasreman yang dihadiri Ketua Bank Sampah yang telah terbentuk, Kepala Desa beserta jajarannya se Kecamatan Kasreman, danIbu- ibu Kelompok Pokja.

Dalam kesempatan ini Ayik panggilan akrab Camat Kasreman menyampaikan bahwa“Kegiatan sosialisasi ini dapat menambah lagi kepedulian akan lingkungan, untuk semua masyarakat agar kepedulian pada lingkungan menjadi suatu gerakan bersama,” ujar Ayik.

Kegiatan ini difasilitator oleh Joko Soeharyanto selaku Kasi PMD Kecamatan Kasreman berterimakasih atas partisipasinya dalam kegiatan sosialisasi ini dan Supratikmiasih,S,KM.Si, sebagai narasumber dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ngawi ,mengatakan seluruh lapisan masyarakat diharapkan mengubah pandangan dan memperlakukan sampah sebagai sumberdaya alternatif yang sejauh mungkin dimanfaatkan kembali semua pihak harus berperan dan terlibat aktif.